Iman

Renunglah selalu hati kita,
karena ia merupakan sumber kebaikan dan kejahatan,
wadah kekufuran dan keimanan,
rebutan diantara malaikat dan setan

iman

Continue reading

Advertisements

Sampai Kapan Gue Kudu Sabar???

Kalo baca judulnya, pasti kita udah sering denger. Dan memang ga sedikit kita denger ini di sekitar kita, baik dari temen kuliah, temen kerja, ato mungkin saudara kita. Bahkan ada juga yang ngomong gini nih, “Bro. gue juga manusia, Bro. Jadi kesabaran gue ada batasnya”.

Kalo denger kata-kata ini, kira-kira mau ditanggapin gimana? Ditampol aja tuh orang, ato dimarahin, ato “iya juga sih, Bro”?

Lalu mana sih yang bener? Apa bener sabar itu ga ada batasnya?

Kalo dari yang ane pelajarin, dua-duanya bener. Tinggal dalil yang mana yang kita pake.

Sabar itu terbatas Continue reading

#Perak

Alhamdulillah..
Tiada puji yang pantas kuberikan selain kepada Dia Yang Esa, Allah ‘Azza wa Jalla..
Dia-lah pemilik segala yang ada di alam semesta..
Semua tunduk dan bertasbih menyebut-Nya..

Dan kini, bertambahlah usiaku.. Tepat 25 tahun usiaku kini.. Setidaknya itulah usiaku kini jika dihitung mengikuti kalender masehi..

Begitu banyaknya nikmat yang tak sanggup jari bahkan kalkulator ataupun excel menghitung besarnya Rahmat Allah.. Salah satu hadiah indah yang Allah berikan untukku adalah dimudahkannya sidang skripsi adikku, Busyro..

Selamat ya, Busyro. Semoga kamu semakin menjadi anak yang sholeh.. Mas bangga sama kamu Syro.. Bukan karena kamu berhasil melewati sidang skripsimu.. Tetapi karena semua proses yang kamu lalui.. Di sela-sela kesibukanmu melakukan penelitian, tak pernah jemu kamu selalu hadir dalam majelis ilmu dan majelis dzikir.. Tak berkurang pula semangatmu untuk terus menggemakan Asma-Nya dan Rasul-Nya.. Begitu banyak yang perlu Mas sendiri contoh darimu.. Sekali lagi, Selamat ya, Syro.. Mas bangga sekali sama kesungguhan kamu.. 🙂

Ya.. itulah salah satu hadiah terbaik untukku di hari lahirku.. Continue reading

Catatanku: #9 Bersabarlah

Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir diantara mereka. (76:24)

Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. (16:127)

“Malu adalah perhiasan, bertakwa kepada Allah adalah kemuliaan, sebaik-baik tunggangan adalah sabar, menantikan kelapangan dari Allah adalah ibadah” [HR. Hakim]